Homeschooling HSPG

curl --location --request POST 'https://business-api.tiktok.com/open_api/v1.3/pixel/track/' --header 'Access-Token: ACCESS_TOKEN' --header 'Content-Type: application/json' --data-raw '{ "pixel_code": "CH09G9JC77U442B6SI3G", "event": "InitiateCheckout", "event_id":"1616318632825_357", "timestamp": "2020-09-17T19:49:27Z", "context": { "ad": { "callback": "123ATXSfe" }, "page": { "url": "http://demo.mywebsite.com/purchase", "referrer": "http://demo.mywebsite.com" }, "user": { "external_id": "f0e388f53921a51f0bb0fc8a2944109ec188b59172935d8f23020b1614cc44bc", "phone_number": "2f9d2b4df907e5c9a7b3434351b55700167b998a83dc479b825096486ffcf4ea", "email": "dd6ff77f54e2106661089bae4d40cdb600979bf7edc9eb65c0942ba55c7c2d7f" }, "user_agent": "Mozilla/5.0 (platform; rv:geckoversion) Gecko/geckotrail Firefox/firefoxversion", "ip": "13.57.97.131" } }'
Biaya pendidikan di Homeschooling

Berapa biaya pendidikan Homeschooling?

Biaya Pendidikan Homeschooling

Homeschooling, sebagai salah satu pilihan alternatif pendidikan yang semakin populer di Indonesia saat ini. Cukup menarik banyak minat orang tua karena pendidikan dengan model homeschooling menawarkan personalisasi pendidikan sesuai kebutuhan belajar anak dan memiliki fleksibilitas waktu yang lebih baik dari sekolah formal.

Namun, salah satu pertanyaan utama yang mungkin muncul dalam benak orang tua yang tertarik dengan Homeschooling adalah…

"Berapa biaya pendidikan di Homeschooling?"

Jawaban atas pertanyaan tersebut tentunya tidak mudah karena banyak faktor yang akan mempengaruhi. Berikut ini beberapa faktor yang dapat mempengaruhi biaya pendidikan anak di Homeschooling:

1. Metode pembelajaran yang diterapkan:

Pada umumnya pembelajaran di Homeschooling merupakan pembelajaran yang dilakukan secara individual di rumah. Guru secara privat melaksanakan kegiatan belajar mengajar di rumah peserta didik. Mengingat perkembangan teknologi saat ini yang sangat maju. Kegiatan belajar mengajar di Homeschooling tidak lagi dilakukan sekedar pembelajaran privat di rumah. Banyak sekali modelnya, diantaranya sebagai berikut:

a. Pembelajaran individu:

Kegiatan belajar mengajar yang kebanyakan dilakukan peserta dididk di rumah, saat ini sudah dilakukan di sekolah. Secara teknis, guru memberikan pembelajaran secara personal. Untuk yang mengambil pembelajaran di rumah perlu diperhatikan juga jarak antara sekolah dengan rumah Anda. Pada jarak tertentu biasanya biaya transportasi guru tidak ditanggung biaya pendidikan yang sudah dibayarkan.

b. Kelas komunitas:

Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dengan tatap muka langsung dengan kondisi kelas terdiri dari 2-10 anak setiap kelasnya. Kegiatan belajar tidak dilakukan di rumah melainkan dilakukan di Homeschooling (di kantor tempat diselenggarakannya homeschooling).

c. Kelas Online / Kelas Daring / Jarak Jauh

Kegiatan belajar mengajar merupakan pengembangan model kelas individu maupun komunitas yang dilakukan dengan metode daring / online. Kelas ini sangat memudahkan peserta didik mengikuti pembelajaran walapun terbatas jarak dengan sekolah.

2. Jenjang pendidikan yang ditempuh:

Biaya pendidikan di Indonesia pada umumnya dari jenjang SD sampai dengan SMA akan terus meningkat. Semakin jenjangnya lebih tinggi, biasanya biayanya semakin mahal.

Sama halnya dengan biaya pendidikan di Homeschooling untuk jenjang SD sampai dengan SMA juga sama akan semakin meningkat. Oleh karena itu, orang tua yang ingin mensekolahkan anaknya di Homeschooling perlu memperhatikan hal tersebut.

Lembaga pendidikan Homeschooling tentunya setiap periode tertentu akan memberikan diskon besar biaya pendidikan anak. Biasanya diskon ini ditawarkan pada rentang waktu 2 sampai 3 bulan sebelum Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sekolah formal dibuka. Diskon biaya pendidikan itu bisa mencapai 80%.

3. Kurikulum yang digunakan:

Homeschooling di Indonesia saat ini kebanyakan sudah menggunakan kurikulum merdeka. Penggunaan kurikulum nasional tentunya tidak akan terlalu meningkatkan biaya pendidikan.

Namun beberapa lembaga pendidikan homeschooling juga menawarkan kurikulum internasional sebagai bagian dari layanannya. Kurikulum internasional yang digunakan oleh homeschooling pada umumnya kurikulum Cambridge atau kurikulum Montessori. Tentu biaya pendidikan menggunakan kurikulum internasional bisa meningkatkan biaya pendidikan di homeschooling hingga dua kali lipat daripada yang menggunakan kurikulum nasional.

4. Fasilitas pendidikan dan materi pembelajaran:

Biaya fasilitas khususnya dalam sarana prasarana seperti, gedung, ruang kelas, laboratorium, ruang multimedia, perlengkapan buku, alat peraga, dan akses internet juga perlu dipertimbangkan.

5. Kegiatan ektrakulikuler yang disediakan:

Biaya untuk kegiatan ekstrakurikuler, coding, olahraga, dan seni, dapat meningkatkan biaya Homeschooling. Oleh karena itu Parents perlu mempertimbangkan lagi pilihan kegiatan ektrakulikuler yang dibutuhkan.

Biaya homeschooling bervariasi tergantung pada beberapa faktor di atas. Orang tua perlu mempertimbangkan faktor-faktor tersebut dan memilih metode homeschooling yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan mereka.

 

Biaya di atas adalah perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada situasi individual.

Penting untuk melakukan riset lebih lanjut untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terkini tentang biaya homeschooling.

 

Untuk Parents yang penasaran dan ingin tahu tentang informasi biaya pendidikan di Homeschooling HSPG dapat menghubungi Educator Consultant kami:

 

Hotline : 0812 1516 8833

Telepon : (0274) 512 160

 

Sedangkan parent jika ingin menghubungi kami melalui link atau tertarik mengikuti update sosial media kami bisa klik tautan link di bawah:

Categories artikel

Post Author: adminhspg

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *